Diagnosis Dokter

Jika gejala wasir yang muncul tidak membaik, sebaiknya konsultasikan kepada dokter, terutama jika anda mengalami pendarahan atau merasa perih, ataupun adanya benjolan di dalam ataupun di luar anus.

Dokter bisa mendiagnosis apakah anda menderita hemoroid atau wasir. Dengan menanyakan riwayat kesehatan dan juga melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa saluran bab/buang air besar anda. Beberapa orang akan merasa enggan, malu, riskan bertemu dengan dokter untuk diperiksa apa lagi dekat kemaluan atau kelaminya.

Dokter akan memeriksa lokasi, ukuranya,

Pemeriksaan colok dubur atau Digital Reetal Examination(DRE) bila bagian luar dari anus sudah diperiksa, kemungkinan dokter juga akan melakukan pemeriksaan colok dubur. Prosedur pemeriksaan dokter akan memakai sarung tangan dan menggunakan pelumas, dokter memakai jari telunjuk nya memriksa apakah kondisi usus besar bagian bawah (rektum), apakah ada tumbuh  massa atau kelainan lainya.

Prosedur pemeriksaan proktoskopi.

Adalah pemeriksaan kanal anus memakai teropong besi atau plastik khusus. Kanal anus merupakan bagian akir dari rektum sebelum anus, yang terdiri dari cincin otot yang kontraksi dan relaksasi saat tidak dan akan buang air besar. Sedang rektum adalah saluran berotot dengan panjang sekitar 20 cm yang menghubungkan usus besar dengan anus. Anus sendiri merupakan bagian tubuh tempat keluarnya kotoran, isi perut dan gas dari tubuh.

Terkadang dokter melakukan biopsi adalah mengambil sempel jaringan dari dalam rektum untuk diperiksa di laboratorium.