Dua Jenis Ambeien/Wasir Dan Empat Aneka Macam Ambeien/Wasir(Hemoroid)

Dua Jenis Wasir:

1. Wasir dalam/hemoroid internal.

Wasir dalam adalah pembengkakan kecil pada pembuluh darah yang ada di bagian atas kanal anus, atau di dinding dalam rektum. Di bagian ini saraf untuk rangsangan nyeri sedikit, sehingga penderita wasir ini tidak menyadari .

Tapi bisa juga pembuluh darah yang membengkak besar hingga menonjol keluar dari anus.jika sampai keluar dari anus dan ditekan oleh otot kanal anus, kondisi ini bisa terasa sangat menyakitkan.terlebih lagi, jika aliran darah menuju hemoroid terhenti.

2. Wasir luar/hemoroid eksternal.

Wasir luar adalah wasir yang muncul di bagian bawah kanal anus, dekat lubang anus, di area ini saraf untuk rangsang nyeri cukup banyak  dan sensitif. Wasir ini terasa gatal dan juga bisa berdarah serta menggumpal dibawah kulit, ini menimbulkan benjolan yang keras dan sangat menyakitkan.

Lihat wasir luar yang menonjol ini.(hemoroid eksternal)

hemoroid eksternal

Dibawah ini cotoh wasir dalam /internal dan wasir luar eksternal.

cotoh wasir dalam internal dan wasir luar eksternal

Empat Aneka Macam Wasir :

1. Wasir Dalam

Jenis ambeien yang satu ini biasanya ditandai dengan terjadinya pendarahan yang keluar dari area anus atau pun dubur. Sebagai tambahan informasi, wasir jenis ini ternyata berada di dalam dubur dan tidak dapat dilihat dengan jelas. Pasalnya, benjolan dari wasir dalam sendiri biasanya berada di bagian yang agak menjorok dari bibir anus. Tidak hanya itu saja, ternyata sebagian besar penderita wasir dalam kerap tidak menyadari penyakit satu ini.

Hal ini dikarenakan di bagian dalam dubur dan anus tidak terdapat saraf yang berada di sekitarnya. Kendati demikian, rupanya pendarahan yang berada di sekitar rektum atau yang biasa disebut dengan istilah rectal bleeding tidak membutuhkan penanganan yang serius.

2. Ambeien Prolaps

Siapa yang menyangka ternyata penderita wasir dalam juga dapat terserang ambeien prolaps. Jenis wasir satu ini kerap mengalamai prolaps yang mendekati area bibir anus. Terkait kondisi yang demikian, ternyata wasir prolapse kerap membuat penderita merasa kesakitan dan tidak nyaman.

Nah, wasir jenis ini ternyata juga dapat didiagnosis melalui tonjolan yang muncul. Tekstur dari tonjolan wasir prolaps sendiri terasa lembut saat diraba. Tidak hanya itu saja, bagian tonjolan biasanya juga berwarna lebih cerah dibandingkan dengan kulit lain yang berada di sekitar anus dan dubur. Sebagai tambahan informasi, rupanya jenis wasir satu ini dapat kembali masuk ke dalam anus dengan sendirinya.

3. Wasir Luar

Ambeien luar ini ternyata dapat dilihat dengan jelas. Pasalnya, penderita dari wasir luar dapat merasakan tonjolan yang berada di sekitar anus dan dubur. Tidak hanya itu saja, wasir luar ternyata kerap menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Hal ini disebabkan adanya banyak saraf yang berada di sekitar anus dan dubur.

Terkait dengan ambeien jenis satu ini, banyak dokter dan ahli yang menyarankan untuk mengatasinya dengan mengurangi peradangan dan pembengkakan yang muncul.

4. Ambeien Trombus

Bukan hanya wasir dalam saja yang dapat menyebabkan jenis wasir lainnya. Ternyata, penderita wasir luar juga berisiko terkena ambeien trombus. Sebagai tambahan informasi, rupanya jenis wasir satu ini disebabkan lantaran wasir luar yang mengalami prolaps. Tidak hanya itu saja, pendrita wasir luar yang mengalami pembekuan darah juga dipastikan sudah terkena wasir trombus.

Berkaitan dengan jenis wasir satu ini, ternyata penderita kerap mengeluhkan rasa sakit di sekitar anus dan dubur. Pasalnya, tonjolan pada wasir trombus kerap mengalami pembengkakan yang parah. Bahkan, warna tonjolan tersebut terlihat berwarna ungu kebiruan. Disinggung mengenai wasir trombus, banyak ahli yang menyarankan agar penderita lebih menjaga kebersihan area di sekitar dubur dan anus.