Klasifikasi / Stadium Wasir (Ambeien)

Hemoroid atau wasir bisa digolongkan lebih jauh lagi tergantung pada ukuran dan tingkat keparahanya.

  • Stadium satu, pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus. Terjadi pembesaran vena di anus, belum menimbulkan gejala apapun karena berukuran masih kecil, kadang menimbulkan tidak nyaman waktu BAB(buang air besar).
  • Stadium dua, pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus saat BAB(buang air besar), dan masuk kembali dengan sendiri saat sudah selasai BAB(buang air besar). Lazimnya pembesaran vena bisa keluar dari anus ketika mengejan dan masuk kembali secara spontan, belum ada pendarahan, terkadang terjadi infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan gatal di anus.
  • Stadium tiga, satu atau lebih benjolan kecil yang menggantung dari anus dan bisa di dorong untuk masuk kembali. Pembesaran vena sering keluar dari anus, bahkan tidak bisa masuk kembali secara spontan, untuk memasukan kembali perlu bantuan jari, hal itu menyebabkan rasa panas saat duduk terlalu lama dan selasai bab.
  • Stadium empat, benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa di dorong masuk kembali, kondisi anda mengalami wasir yang parah seperti ini sangat mengganggu aktifitas anda.

Contoh kondisi stadium 1,2,3,4

Contoh ambeien wasir kondisi stadium 1 2 3 4