Operasi Ambeien / Wasir (Hemoroid)

Ada beberapa  prosedur operasi untuk wasir :

1. Hemoroidektomi adalah operasi pengangkatan wasir atau hemoroid. Biasanya dilakukan dengan bius umum, anda akan tertidur dan tidak merasa sakit saat pengangkatan hemoroid, melibatkan pembukaan kecil dari anus, ini berfungsi untuk mendorong hemoroid. Anda butuh 7 hari untuk pulih kembali, pembedahan akan dilakukan pada jaringan di sekitar hemoroid, pembuluh darah yang membengkak di dalam hemoroid akan diikat untuk mencegah pendarahan.

Setelah itu hemoroid diangkat, area operasi mungkin dijahit tertutup atau dibiarkan terbuka, kain kasa medis dipakai untuk menutupi lukanya.

2. Ligasi arteri hemoroid adalah operasi untuk mengurangi aliran darah ke hemoroid anda dengan pembiusan umum, prosedur ini melibatkan memasukan alat pemeriksaan USG kecil kedalam anus. alat ini menghasilkan gelombang suara yang tinggi, gelombang inilah yang membantu dokter bedah menemukan lokasi pembuluh darah yang membengkak di sekitar anus anda. Pembuluh darah inilah yang memasok darah ke hemoroif anda.

Setiap pembuluh darah dijahit agar aliran darah ke hemoroid terputus. Akhirnya hemoroid menyusut atau mengecil beberapa hari setelah operasi, baik operasi hemoroid dalam maupun luar.

Stapled hemorrhoidopexy adalah pilihan lain, prosedur ini dilakukan untuk menangani hemoroid yang menggantung di luar anus. Langkah ini dilakukan dengan pembiusan umum, tapi prosedur ini jarang dilakukan karena memiliki resiko komplikasi yang serius pada saat operasi. Bagian dari anorektum atau bagian terakir dari usus besar akan dijepit atau di-staple. Dengan begitu, kemungkinan hemoroid untuk menggantung diluar anus menjadi lebih kecil. Selain itu pasokan darah ke hemoroid juga berkurang, ini berakibat penyusutan wasir.